Kamis, 07 Agustus 2014

TUTORIAL DASAR CINEMA 4D Membuat Text 3D


Hasil Akhir
Halo sobat Dunia Desain, senang berjumpa lagi dalam Tutorial Dunia Desain. Dalam tutorial kali ini yang dibahas adalah software Cinema 4D. Bagi yang belum tahu, Cinema 4D merupakan salah satu software 3D yang biasa digunakan untuk membuat model 3D maupun animasi 3D. Tutorial kali ini merupakan sumbangan dari salah satu member Dunia Desain yang mendalami software Cinema 4D yakni om Boogie Lbc. Oke tidak perlu berlama-lama, mari langsung kita praktekkan
Tutorial ini bisa didownload dalam bentuk document disini :
http://www.mediafire.com/?qoq13l8n1ezj22j
Software Requirement : Cinema 4D
Level : Beginner


TAHAP AWAL CINEMA 4D

Basic One : Mo Text
1. Klik Menu Render----Render Settings atau Ctrl + B
2. Klik Bagian Output : Klik Tanda panah kanan yg ada tulisan Preset 320 x240
   Disitu tertera berbagai ukuran, jika ingin membuat banner Facebook
   tulis di bagian Width dan Height = 850 x 315 dan resolusi 300

3. Klik bagian Save, dan klik Format, atur ke Jpeg atau Png untuk bentuk gambar
   Jika akan berupa animasi pilih Quicktime atau AVI

4. Klik bagian Effect ----pilih global ilumination agar gambar berbentuk tampak asli atau real
    Bila sudah, Tekan tanda silang ( Closer ) pada tampilan Render Settings  
    NB : bagian2 Effect yg ada silahkan berimajinasi sendiri dan liat bedanya

5. Klik Menu Object---Scene---Floor

6. Klik menu File di bagian bawah keterangan Materials
   Klik New Materials, akan ada icon bullet, doubel klik untuk pengolahan Icon tsb, maka akan
   diarahkan ke menu Materials Editors
   Pilih Color dan tentukan warna Merah
   Klik Reflections---dan atur tingkat Brightness nya
   Klik tanda silang ( Close ) di bagian Material Editors


7. Ulang tahap point 6 sampai bagian New Materials, dan double klik, pilih Color warna putih, dan klik luminance dan beri warna putih sudahnya close Materials Editor tsb


8.Ulang tahap point 6 sampai bagian New Materials, double klik, dan pilih Color sesuai warna abu abu, pilih Reflections, dan atur Brightnessnya, lalu Close kembali Material Editornya

9.Seret New material warna abu-abu ke bagian Floor

10. Klik bagian MoGraph---Mo Text, ganti nama Text ke SGMF di bagian Text, dan pilih Middle di bagian bawah ada Align, penampilah 4 sudut di bawah, gunakan fungsi F5

Atur posisi kata SGMF tepat diatas Floor, untuk melihat sedemikian pas diatas Floor, disini bermain tanda panah Hijau, tarik ke atas hingga batas bawah SGMF berada pada garis merah (x) pada tampilan F4
tekan Tust F5 = melihat tampilan tampak Perspective, Top, Right, Front
              F1 = Kembali ketampilan awal anda berimajinasi
              F2 = Tampak atas / Top
              F3 = tampak Right / Kanan
              F4 = Tampak Front / Depan

11. Kembali kebagian Mo Text tadi, di samping kanan ada bagian Caps---pilih Fillet Cap
       Tentukan Steps dan Radius terserah anda, atau default bawaan pertamakali anda klik Fillet Cap

12. Seret New Materials warna Merah ke bagian Mo Text
13. Klik menu Object---Primitive---Plane

14. Seret New Material Warna Putih ( luminance ) ke bagian Plane, lihat gambar

15. Klik menu MoGraph----Cloner, akan ada tampilan Cloner

16. Klik bagian Cloner---dibagian Mode, pilih Grid Array
       Pada bagian Count ada angka 3--3---3, ubah angka 3 yg tengah dengan angka 1



17. Seret  Plane ke bagian Grid Cloner, liat gambar
       ada tanda panah ke bawah menandakan posisi akan di gabungkan
        jika ada tanda panah ke arah kiri, itu posisi tidak digabungkan tetapi hanya memindahkan posisi    
        diatas atau di bawah Cloner



18. Klik Icon Cloner---lihat gambar Cloner ada titik2 kotak kecil warna Orange, tarik ke arah luar
       sampai plane ada ruang kosong,lihat gambar

19. Ada tanda panah Hijau ke atas, Merah ke kanan, Biru ke belakang samping, tarik Panah Hijau ke
       arah atas sampai posisi diatas SGMF, Fungsikan Mouse tengah Scrool bar untuk posisi Zoom
      diperkecil (tombol tengah pada Mouse)

20. Lihat secara seksama ada ruang garis atas dan bawah pada tampilan layar tampak abu abu lebih
      gelap itu menandakan batas pixel yang olahan anda pertama kali di General settings

21. Zoom kembali SGMF / tampilan hingga Plane/Cloner tidak terlihat,atau di luar batas garis abu abu
      lebih gelap, lihat posisi gambar

22. Klik Bagian Menu Render---Render View atau tekan Ctrl + R, lihat Gambar

23. Lihat hasil olahan Anda Sementara, SGMF tampak seolah2 nyata, lihat gambar

24. untuk proses penyimpanan gambar anda, tekan Shift + R atau klik menu Render---Render to
     Picture Viewer, lihat gambar

25. Klik Menu File pada Picture Viewer, Lihat Gambar,Pilih Save As---OK, Silahkan Upload hasil anda ke Facebook

0 komentar: