Kamis, 07 Agustus 2014

Membuat Sendok

sendok goler
Membuat sendok menggunakan teknik polygon modeling.
Ada 6 materi yg akan kita bahas disini untuk digunakan dalam pembuatan objek sendok ini,
1.  Membuat objek ( Object – Primitive – Cube)
2. Mengatur ukuran obje (Buat kubus menjadi pipih dan panjang dengan menekan/menarik kotak kecil yang berada di sisikubus tersebut pada bidang x,y,z)
3. Make Editable Object (setelah ukuran onjek kubus tadi sesuai dengan yang kita inginkan, anda klik “make editable object” di shortcut kiri layar. )


4. Structure – Knife ( intik memudahkan pemotongan ganti viewport anda ke tampak atas. klik point tool di shortcut kiri lalu pilih objek kubus tsb, kemudial klik kanan dan pilih “knife”. Pada kolom Atribut manager di kanan bawah, pilih tab option, kosongkan tanda centang pada visible only dan create N-gons.
Sekarang saatnya membuat potongan, dari tampak atas anda buat potongan melinta seperti pada gambar atau sesuai keinginan anda untuk berkreasi )

Setelah anda potong anda pilih dengan menekan shift titik-titik pada sisi yang akan anda resize seperti gambar no.4

5. Hyper NURBS Object ( Pada kolom Object Manager, Drag polygon cube yg telah kita edit itu ke Hyper NURBS, maka akan nampak perubahan pada gambar di viewport anda. Untuk mengedit lagi, lita non aktifkan Hyper NURBS dengan mengklik tanda centang hijau di kolom Object Manager sehingga menjadi x berwarna merah. lalu pilih titik-titik pada bagian yang akan kita edit, jgn lupa saat memilih titik-titik tsb sambil menekan shift. Setelah dipilih, kita gunakan scale tool atau move tool sehingga mendapatkan bentuk yg kita inginka. Disini kita dapat membuat lengkungan, dengan menarik atau mendorong dari titik-titik yang kita pilih.)

6. Material ( Setelah mendapatkan bentuk yang kita inginkan saatnya anda memberikan material agar objek sendok tersebut lebih terlihat nyata. Untuk mengatur pewarnaan dan texture sendok tersebut silakan anda berkreasi dengan mengubah ubah material pada material editor. apakah anda membuat sendok plastik atau stainles atau mungkin sendok yg dari bahan kayu.
sendok goler
hasil akhir setelah diberi material dan cahaya

0 komentar: