Pada tulisan kali ini kita akan belajar membuat suatu objek GELAS
dengan C4D, kita akan memulai dengan konsep gambar 2D menjadi 3D
Tahap 1
Buat gambar 2D menggunakan Spline (Objects – Create Spline – Linier
). Perlu saya ingatkan anda membuat gambar pada front viewport / tampak
depan.
gambar seperti contoh berikut
Tahap 2
Objects – NURBS – Lathe NURBS
Pada kolom Object Manager, drag Spline ke Lathe NURBS, seperti ini
Pastikan posisi Lathe NURBS ada di garis lurus gelas tersebut, karena itu akan menjadi titik tengah dari gelas tesebut. maka pada layar anda gambar gelas 2D tesebut akan berubah menjadi seperti ini
Dan dari ke empat viewport menjadi seperti ini
Tahap 3
Seting Material. Anda dapat membuat material dengan mengcopy dari material yang sudah ada, atau amda membuat material sendiri dengan mengubah-ubah pada Material Manager.
Pada kolom Material Manager ( File – New Material ). Beri nama gelas atau apa saja sekehendak anda. bisa dengan langsung meng-klik nama material tsb atau pada attribute manager, tab basic dan namanya dirubah. Untuk Color tidak usah melakukan perubahan, Anda harus seting di Diffusion, Transparency, Reflection, dan Specular.
Pada Diffusion atur seperti ini
Lalu Pada Transparency ubah brightness menjadi 100% dan Refraction 1.52, lalu pada textur jadikan fresnel
Kemudian seting Fresnel menjadi seperti ini
Atur Specular menjadi seperti ini
Setelah selesai menseting Material, anda drag material tersebut ke dalam objek gelas yang telah kita buat, bisa langsung ke objek gelas dalam viewport maupun ke dalam Object Manager. Maka tampilan gelas yg kita buat tadi akan menjadi seperti ini
Anda dapat melihat hasilnya dengan meng-klik Render View.
Silakan Anda kreasikan sendiri Bentuk seperti apa dan mengubah setingan material untuk mendapatkan hasil yang anda inginkan
Selamat Mencoba………
0 komentar:
Posting Komentar